Welcome to My Page Hope U Get A Lot Of Fun :)
Animated Pictures Myspace Comments

Senin, 21 Desember 2009

Cerpen Penyesalan Sashy : By Asty

Sashy melangkah dengan cepat menuju kelasnya.
“Kayaknya ada yang lagi seneng nih..” celetuk Lea yang mengomentari sikap Sashy pagi itu. Sashy senyum senyum lagi.
“Hehe.. ehh Lea, iya nih. Gue lagi seneng abis kenalan sama cowok ganteeng banget, Gue kenalan di fs Le..” Kata Sashy semangat.
“Oh.. terus? Emang lo uda ketemuan? Jangan gampang percaya dari foto. Bisa aja dia pake foto orang lain. Udah biasa Sas yang kayak gitu..” Kata Lea. Dan kemudian mengambil buku fisika dalam tasnya.
Sashy cemberut, dia mengambil handphone dari tasnya, dan dia mulai asik SMSan sama cowok ganteng itu. Sashy juga mengajak ketemuan.
Beberapa menit kemudian, bel bunyi.. Pak Iqbal masuk ke dalam kelas..
“Hari ini kita ulangan..!” Serunya dan menyuruh Dhea membagikan soal. Lea langsung bengong. Lea menyikut tangan Sashy.
“Sas, lo udah belajar?”
“Belom, emang dia bilang hari ini ulangan ya?” kata Sashy datar. Lea pun menggelengkan kepalanya.
“Yaudah lah, sebisanya aja.. gue sih kun faya kunn..” kata Lea buat Sashy takut.
Lea membaca soal satu persatu. Kemudian menggaruk kepalanya dan mengacak-acak rambutnya. Sashy juga gelisah baca soal. Menit-menit pun dihabiskan untuk menyerut pensilnya, mengatur letak duduknya, menggaruk kepalanya meski sebenarnya gak gatel.
“Ini soal paling susah yang pernah gue kerjain..! gila, gue Cuma bisa 16 soal dari 30. Gimana nihh? 14 soal lagi masih kosong!” kata batin Sashy yang meringis.
“5 menit lagi!” kata Pak Iqbal yang membuat Lea sibuk menghitamkan cepat dengan asal-asalan. Sashy yang melihat Lea tertawa, buat Lea kesel.
“ngapain Lo? Ketawain gue ya?” Lea melototin matanya ke arah Sashy yang masih tertawa. Sashy teringat jawabannya yang masih kosong 14. Dia langsung melakukan hal yang sama kayak Lea.
“Siapa tau ada yang kena.. hahaha..” Sashy tertawa disusul Lea yang juga tertawa.
Bel istirahat pun berbunyi, Sashy dan Lea buru-buru ke kantin. Dikantin penuh banget, cowok-cowok yang dikantin jadi dorong-dorongan.
“Aww..!!” Sashy teriak, kakinya keinjek.
“Dduuhh.. maaf ya. Sakit gak?” cowok keren itu minta maaf dan menggandeng tangan Sashy keluar dari kantin.
“Huuh.. ya sakit lah.. maaf? Enak banget lo ngomong maaf. Makanya, lain kali jangan dorong-dorongan..!” Sashy masih cemberut menahan sakit.
“Ya ampunn.. galak amat deh. Ok, nama Gue Ferdy, gini aja deh ntar pulang sekolah, gimana kalo gue anter? Kayaknya lo kesakitan banget.” Muka Ferdy kelihatan cemas.
“Gak usah..!” Kata Sashy ketus.
Bel usai istirahat pun bunyi..

***

Ferdy menghentikan motornya setelah melihat Sashy yang jalan sendirian pulang sekolah.
“Hei cewek. Naik dong, gue kan jadi ngerasa bersalah nih. Kan udah janji mau nganter.” Sashy masih cemberut.
“helloo…. Eh di cuekin, nama lo siapa sih?” tanya Ferdy lagi.
“Ih. Lo banyak tanya ya, gue Sashy. Udah ah jangan banyak tanya!”
Sashy mempercepat langkahnya menuju halte. Baru aja sampai, bisnya udah lewat. Ferdy menghampiri Sashy.
“Wah, bisnya udah lewat ya? Bis itu kan susah datengnya. Udah, pulang sama gue aja. Gue anter. Tenang aja, gue gak macem-macem kok. Lagian juga kaki lo masih sakit kan? Mau ya?” Kata Ferdy senyum kecut. Sashy pun bingung. Dia melihat jam tangan nya. Kalau dia tunggu bis itu lagi, pasti nanti pulang kesorean, dan besok ada ulangan.
“Hmm.. Ok deh, tapi inget. Awas lo kalo macem-macem!” Sashy pun melompat naik ke motor Ferdy.

***

Hari ini malam minggu, Sashy sedang sibuk berdandan di kamarnya. Hari ini dia janjian ke Ancol sama Dimas, cowok ganteng yang kenalan dengannya di fs.
Beberapa jam kemudian, Sashy sudah sampai di sana. Dia mencari bangku kosong di sebuah kafe dekat pantai. Dia pun mulai menunggu Dimas.
Akhirnya sudah cukup lama Sashy menunggu Dimas tak datang juga. Sashy sudah mulai bosan. Dia sudah menghabiskan 3 gelas orange juice. Tiba-tiba, cowok tinggi, hitam manis menghampiri Sashy yang gelisah.
“Mau pesan apa mbak?”
“Oh.. he eh, nanti aja ya. Saya sedang tunggu teman.” Kata Sashy datar.
“Teman apa demen mbak?” Goda cowok itu.
“Apa sih kamu?!” Sashy mulai jutek.
“Ih.. Sashy galak juga. Tapi gak apa-apa, tambah galak tambah manis kok. Hehe..” Goda cowok itu lagi. Sashy melihat ke arah cowok itu.
“Eh, jangan-jangan lo Dimas ya?” tanya Sashy malu. Mereka pun tertawa renyah.
Lalu mereka ngobrol-ngobrol di pantai sambil minum es kelapa muda dan ditemani ombak. Sashy merasakan getaran yang berbeda saat menatap Dimas. Sashy suka Dimas sejak pertama melihatnya. Jam pun berlalu. Kini hari mulai sore. Dimas mengantar Sashy sampai depan pintu gerbang rumahnya..

Hari-hari pun berlalu, Sashy semakin akrab dengan Dimas. Hari ini Sashy membuka friendsternya. Dia membuka friendster Dimas dan mengirim komentar. Tapi Sashy terkejut melihat komentar dari seorang cewek yang bernama Dara. Disana banyak tertulis kata sayang.
Air mata Sashy menetes tiba-tiba. Membayangkan cintanya yang tak terbalas. Dia menyesal kenal Dimas, kenapa dia berusaha dekat dengan Sashy kalau dia sudah punya cewek? Kenapa dia masih bisa dengan mudahnya merayu Sashy? Sashy mulai benci dengan Dimas. Sashy sangat patah hati dan kecewa. Sashy janji, dia gak akan balas SMS dari Dimas lagi.
Beberapa minggu kemudian Sashy sudah sedikit melupakan perasaannya kepada Dimas. Sekarang Sashy lebih tertutup dengan orang lain.
“Hai Sas..?” Sapa Ferdy.
“ada apa sih?” Tanya Sashy ketus.
“Duhh Sas, kenapa sih akhir-akhir ini lo cemberuuutt mulu? Senyum dikit dong..” Kata ferdy dan tetap mengikuti Sashy dari belakang.
“Diem lo!” Kata Sashy galak. Sashy mempercepat langkahnya kembali. Dan… oww.. Sashy tersandung di tangga, lututnya pun berdarah.
“Tuh kan. Buru-buru banget sih. Nih pake sapu tangan gue aja. Nih. Lap dulu darahnya..” Ferdy menyerahkan sapu tangan itu dari kantong celananya. Sashy menatap mata Ferdy, yang penuh dengan ketulusan. Sashy tak berani membalas tatapan mata Ferdy. Sashy pun menangis.
“Wadduh.. Kok nangis? Kenapa Sas? Sakit ya.. gue anter ke UKS ya?” Tanya Ferdy yang khawatir melihat Sashy yang menangis.
“Gak usah Fer, makasih ya..” Kata Sashy dan senyum. Ferdy yang melihat Sashy senyum juga ikut tersenyum.

***


Sashy merasa semakin dekat dengan Ferdy. Setiap kali istirahat, Ferdy selalu datang ke kelas Sashy. Membuat Lea curiga.
“woii Sas, cowok lo tuhh.. udah dateng tunggu di luar.” Kata Lea sewot.
Sashy keluar kelas dengan tergesa-gesa, Ferdy sudah ada diluar dan tersenyum melihat Sashy keluar kelas.
“Fer, kantin aja yuk.. Gak enak di depan kelas, gue malah digosipin yang nggak-nggak. Digosipin udah jadian sama lo lahh.. padahal kan nggak.. padahal kan kita Cuma temen. Ya kan?” Kata Sashy pura-pura cemberut.
“Oh.. Cuma temen ya? Jadi gak bisa buat lebih?” Kata Ferdy menatap Sashy lekat.
“Fer, maksud lo apa?” Sashy pun menatap mata Ferdy. Disana tak ditemukan ada kebohongan selain ketulusan.
“Sas, gue sayang sama lo. Lo gak tau? Apa lo gak pernah ngerasain perasaan gue, waktu gue liat mata lo?” Tanya Ferdy sungguh-sungguh. Sashy pun menghela nafasnya panjang.
“hmm.. maaf Fer, untuk saat ini, gue gak bisa.” Kata Sashy.
“Oh.. gue tau, itu karena Dimas kan?gue gak kayak Dimas Sas, gue sayang banget sama lo.” Kata Ferdy sungguh-sungguh. Sashy menatap mata Ferdy lembut, Sashy pun menangis dan tersenyum.
“hmm.. ok, kita jalanin aja dulu.” Kata Sashy senyum malu. Ferdy menatap Sashy tak percaya.
“Lo serius Sas? Makasih ya Sas.. Gue janji gak akan pernah nyakitin lo!”
Bel pun berbunyi, istirahat telah usai….
“Bye honey, ntar pulang bareng ya?” Kata Ferdy. Sashy hanya mengangguk pelan.

***

Hari-hari dilalui Sashy dengan penuh bahagia. Tak terasa ini hari keempat dia pacaran dengan Ferdy. Ferdy sangat perhatian dan sayang sama Sashy. Tapi, sebenarnya Sashy belum melupakan perasaannya kepada Dimas. Sebuah SMS mendarat di handphonenya.
“Hai, apa kabar? Aku tau kamu sudah punya cowok. Jadi kamu menghindar dari aku. Aku sadar, aku gak sempurna dibanding sama dia. Tapi aku ingin banget kamu tau. Kalau aku, sayang kamu..” Sebuah SMS dari Dimas mendarat di Handphone nya.
Tubuh Sashy lemas, seperti tersambar ribuan volt listrik. Tangannya bergetar untuk membalas SMS dari Dimas.
“Aku baik. Oh.. gini cara kamu perlakukan cewek? Sadar dong! Kamu juga punya cewek. Aku gak mau dibilang rebut cowok orang, kasihan juga Dara kamu mainin.” Sashy pun mengirim SMS itu. Gak lama kemudian SMS dari Dimas muncul lagi.
“Dara? Dari mana kamu tau dia? Sashy.. kamu curiga gak beralasan. Aku udah lama putus sama dia. Pasti kamu liat dari fs kan? Dara itu kirim cuma bercanda. Dia emang kebiasaan panggil aku sayang. Tapi terserah kamu.. aku Cuma sayang kamu.” SMS Dimas membuat setitik penyesalan dihati Sashy.
Tangan halus menutup mata Sashy. Dan melepaskannya. Setelah menyentuh ada air di mata Sashy.
“Yank.. kamu kenapa? Nangis?” Tanya Ferdy cemas. Sashy hanya menggelengkan kepalanya. Sashy merasa sangat bersalah.
“Kamu gak jujur. Ada masalah ya?” Tanya Ferdy lagi. Sashy kembali menggelengkan kepalanya dan bersandar di pundak Ferdy.
“Nggak.. Aku Cuma sayang kamu Fer..” Kata Sashy tak jujur. Ferdy mulai curiga.

***

Hari ini hari Selasa, hari ini cuaca gak bersahabat. Mendung dan tiba-tiba turun hujan dengan deras. Sashy masuk kelas dengan basah. Lea tertawa.
“Sas, kenapa lo? Makanya dateng jangan siang-siang terus. Pagi kan gak ujan. Cuma mendung.” Sashy melangkah gontai menuju bangkunya.
“berisik lo..” katanya datar.
“Kenapa sih? Lo ada masalah?” Kata Lea yang berhenti tertawa lihat sashy yang matanya mulai berair.
“Le.. Gue bimbang. Gue gak tau. Gue sayang Ferdy..” kata sashy yang mulai menangis. Lea mengelus rambut sashy.
“Gue gak ngerti masalah lo. Sekarang lo tenang. Lo cerita ke gue, siapa tau gue bisa bantu lo keluar dari masalah lo.” Kata Lea bijak. Sashy cerita semua tentang Dimas, tentang pertama kali ketemu Dimas dipantai, tentang friendster Dimas yang penuh kata-kata sayang dari Dara, tentang SMS perasaan dari Dimas untuk dia. Lea mengangguk mengerti.
“Gini Sas, kalo lo cinta karena terpaksa sama Ferdy.. padahal lo suka sama Dimas, kasihan Ferdy. Cowok mana sih yang mau cinta terpaksa dari cewek yang dia sayang? Coba lo pikir-pikir lagi, kalo emang lo yakin Dimas yang terbaik. Lo putusin Ferdy. Jujur, gue juga gak tega. Tapi mau gimana lagi, lo emang udah salah dari pertama.” Kata Lea. Sashy memeluk Lea.

***

Ferdy seperti biasa menunggu Sashy dipintu gerbang sekolah saat pulang sekolah. Cuacanya juga masih mendung.
“yank.. pulang yuk. Sebentar lagi ujan loh…” kata ferdy setelah lihat sashy keluar dari pintu gerbang.
“Fer, maaf ya… aku mau ngomong penting sama kamu. Tapi gak di sini. Gimana kalo di taman deket sini?” Ferdy pun mengangguk dan sashy naik ke atas motor ferdy.
Sampai di taman, Sashy mencari kursi dan tempat yang sepi untuk bicara. Ferdy menatap Sashy curiga.
“Sekarang kamu mau ngomong apa?” tanya ferdy.
“fer…. Aku, aku minta maaf. Aku bener-bener nyesel, aku begitu bodoh, aku gak tau harus bagaimana lagi. Mungkin kamu marah kalau tau ini semua.. aku, aku sayang kamu. Tapi, aku gak bisa lupain Dimas.” Sashy mulai menangis. Ferdy menatap mata Sashy tak percaya.
“Maksud kamu, kamu mau kita putus?” mata ferdy juga mulai berair. Sashy melihat perubahan dimata ferdy. Ingin rasanya sashy menyumpel mulutnya dengan sapu tangan erat-erat.
“Fer.. maafin aku, aku gak maks……..”
“Kamu jahat! Kamu tau, aku sayang kamu! Aku cinta kamu. Apa balasan dari kamu? Aku kira kamu gak kayak cewek lain. Aku kira kamu lebih baik. Ternyata aku salah. Semoga Dimas jadi yang terbaik buat kamu.” Kata ferdy memotong pembicaraan sashy. Hujan pun turun tiba-tiba dengan deras. Mengguyur hati ferdy yang penuh emosi, mengguyur mata sashy yang bengkak. Dan mereka putus.
“Terima kasih untuk segalanya..” Ferdy naik ke atas motornya dan hilang sedikit demi sedikit di dalam hujan yang deras. Sashy teriak kencang.
“Ferdyyyyyyyyy…. Maafin akuu!” dan sashy menangis.
Sashy mulai jalan ke jalan raya, dia beruntung menemukan bis dengan cepat. Dia langsung naik bis. Di dalam bis dia menelpon Dimas, dia cerita kejadian yang menimpanya tadi.

***
Sebelas hari setelah kejadian itu, Dimas dan Sashy jadian. Sashy merasa orang paling bahagia di dunia. Dia selalu ceria. Dimas selalu perhatian dengannya. Walaupun jarak jauh. Dimas selalu buat dia semangat.
Hari ini, seminggu dia jadian. Dimas menelponnya.
“Lagi apa yank?” Kata Dimas di sebrang sana.
“Aku lagi mikirin kamu..” Kata Sashy manja.
“Ah kamu bisa aja.”
“yank.. kamu tau gak ini hari apa?” Tanya Sashy.
“Hmm.. hari apa ya? Hari Rabu? Hehe.. bercanda sayang. Aku tau, ini hari seminggu kita.” Kata Dimas buat Sashy yakin dia yang paling spesial dalam hidup Dimas.
“Yakin? Kamu kok inget sih?”
“Ya dong. Gak ada alasan buat di lupa.. Maaf ya. harusnya seminggu ini kita rayain dengan first date, tapi ter….”
“Gak apa-apa yank.. aku malah seneng banget kamu masih inget hari ini. Makasih ya..” Kata sashy terharu. Mereka pun melanjutkan ngobrol-ngobrol lagi.

***

Hari ini Sashy janji ketemu Lea di Gramedia. Sashy ngedumel Lea belum nongol-nongol juga. Sashy haus dan dia membeli soft drink, baru aja satu reguk, soft drink nya jatuh.
“Jalan pake mata dong.” Kata sashy sewot.
“Maaf.. aduuhh maaf banget! Yaudah gantinya ikut gue yuk. Soalnya tas gue sama cowok gue. Ntar gue ganti.”
Sashy mengikuti cewek itu, sashy perhatikan cewek itu, sexy dan cantik. Pasti cowoknya ganteng. Gak nyesel punya cewek sexy begini. Cewek itu memanggil cowoknya.
“Maz maaf lama tdi soft drink cewek ini tumpah, tas aku mana?” cowok itu menyerahkan tas ceweknya.
Sashy merasa mengenali cowok itu. Tba-tiba dadanya panas, menahan marah. Tanpa pikir panjang, dia langsung mengguyur Dimas memakai soft drink yang belum diminumnya.
“Jahat! aku benci kamu!”
Sashy lari dan tak peduli teriakan Dimas yang memanggil namanya.

***

Rupannya yang kemarin itu Dara, Dimas masih punya hubungan dengan Dara. Malah sebentar lagi mereka tunangan. Sashy selalu menangis. Dia menyesal. Dia begitu bodoh dan rapuh.
Ferdy menghilang, dan sekarang Sashy dapat kabar Ferdy jadian sama kakak kelas. Sashy menghela nafasnya panjang.
“Gak ada guna menyesal sekarang semua udah terjadi..” Sashy meyakini dirinya. Dan dia janji gak akan berbuat kesalahan kedua kalinya.
“Maafin aku fer.. bye love!” Sashy menutup matannya dan lupakan semua.


..Selesai..

Tidak ada komentar: